TPS Berjalan DLH Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU- Kebersihan adalah upaya masyarakat untuk memelihara lingkungannya dari sampah dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman. Maka dari itu, di Kota Lubuklinggau, ada sejumlah titik yang telah ditetapkan sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melakukan trobosan TPS berjalan sebagai langkah optimalisasi kinerja penanganan sampah, mengingat masih kurangnya titik TPS di permukiman warga.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadis DLH Lubuklinggau, Hendra Gunawan (Aan), yang mengatakan bahwasannya sebelum ada tempat pembuangan sampah sementara, maka dilakukan juga uji coba tempat pembuangan sampah berjalan.

“Artinya, kita akan mencoba TPS berjalan ini dengan menempatkan mobil dump truck yang standby di beberapa titik lokasi” ujar Hendra Gunawan, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (10/6).

Dikatakan Aan, kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat tidak lagi sembarangan membuah sampah, terutama dijalan – jalan protokol maupun jalan lintas.

“Jadi rencana mobil dump truck standby di beberapa titik, diantaranya titik pertama di lokasi Megang, dimana sasaranya masyarakat di sekitar kawasan daerah Megang, selanjutnya di depan toko Ras Photo untuk sasaran masyarakat daerah Cereme, Taba Jemekeh dan sekitarnya, serta terakhir nanti berada di dekat kantor BPJS Lubuklinggau untuk wilayah Taba Pingin, Marga Mulya dan sekitarnya,” tutur Aan.

Selain itu, kata Aan, pihaknya mengingatkan masyarakat Kota Lubuklinggau, bahwa di atas pukul 07:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB, tidak boleh lagi membuang sampah di pinggir jalan, sebab telah disediakan TPS berjalan yang sudah dipersiapkan.

“Kita akan lihat uji coba TPS berjalan ini, jika dirasa memang efektif dan membantu maka akan kita teruskan. Jadi saya menghimbau sekali lagi kepada masyarakat untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Mari sama-sama kita menjaga Kota Lubuklinggau ini, mari sama-sama kita cintai Kota kita ini dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” tandasnya.(Aak)

Exit mobile version
Lewat ke baris perkakas