Fasilitas GOR Megang Aktifkan Partisipasi Masyarakat

Referensinews.id // imfotorial – Proses renovasi Gedung Olahraga (GOR) Megang yang memiliki bangunan dan luasan lokasi terbesar di Sumsel, masih bakal menelan anggaran puluhan miliar. Tahun ini saja tidak kurang dari Rp 5 miliar bakal digelontorkan Pemkot Lubuklinggau untuk mempercantik bagian dalam gedung.

“Untuk tahun ini bagian dalam gedung akan kita perbaiki, tak hanya bagian dalam gedung dan sarana penunjang saja dibagian belakang juga akan dibangun taman,” jelas Walikota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe didampingi Sekum KONI Sumsel Suparman Romans saat meninjau Gedung Olahraga Megang (GOM) didampingi pengurus KONI Sumsel dan Kepala Dinas PUBMTR Kota Lubuklinggau Asril Asri, Minggu, (17/1).

Nanan menjelaskan bagian dalam yang akan segera direnovasi meliputi beberapa bagian mulai dari pencahayaan lampu, kursi atau tempat duduk dan lapangan dalam akan di karpet, agar bisa di gunakan untuk olahraga basket, voli, dan pemasangan pendingin udara serta rehab seluruh ruangan.

“Tanpa adanya fasilitas olahraga yang memadai sulit untuk mengharapkan partisipasi masyarakat atau publik dalam aktivitas olahraga. Pemkot tetap melakukan upaya agar terus mendapatkan bantuan dari gubernur Sumsel. GOR Megang merupakan salah satu kebanggan Sumatera selatan dan dulunya ini GOR terbesar se-Sumatera,” katanya.

Disinggung planing di 2021 Nanan memastikan sudah menganggarkan dana Rp 5 miliar untuk renovasi gedung. Dengan harapan setelah selesai direnovasi GOR tak hanya menjadi sarana olahraga saja namun menjadi salah satu income bagi Pemkot Lubuklinggau.

Kalau kedepan ada konser Akbar, tablik Akbar dan kegiatan besar lainya bisa di menfaatkan artinya GOR Megang bisa multifungsi. Seperti pelataran didepan yang sudah di aspal bisa digunakan untuk olahraga gocar, sepatu roda dan lainnya.

“Sudah di alokasikan 5 Milyar untuk pembangunan, masih kurang 20 milyaran dan ini kita akan minta bantuan Gubernur Sumsel, Herman Deru,” selorohnya.

Lubuklinggau sendiri sudah memiliki empat tempat olahraga, yakni Taman olahraga megang/GOR Megang (TOM), Taman Olahraga Silampari (TOS) dan Taman Olahraga Teman (TOT). Kemudian akan ada lagi Taman Olahraga Kayuara (TOK).

Sementara Sekum KONI Sumsel, Suparman menilai GOR Megang memiliki potensi luar biasa untuk menjadi sarana penunjang membina insan olahraga.

“Saya kira Linggau mempunyai Potensi besar untuk menjadi salah satu lumbung prestasi di Sumsel,” tambahnya.

Ia juga mengatakan sesuai dengan sistem pengelolaan gedung olahraga Megang ini, cabor-cabor bisa konsentrasi untuk berlatih di GOR Megang. Sehingga GIR Megang bisa menjadi tempat berkompetisi dan tentu juga akan mendapatkan implikasi positif terhadap motivasi dan juga percepatan prestasi olahraga di Sumsel.

“Saya yakin dengan komitmen Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe. insyaallah ini juga akan disampaikan kepada Gubernur Sumsel, potensi yang tidak boleh kita sia-siakan dan tidak boleh kita abaikan, bahkan harus di dorong sepenuhnya bagaimana inisiatif dan juga upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Lubuklinggau untuk ikut memecu percepatan Prestasi olahraga di Lubuklinggau,”paparnya.

Diterangkannya, kondisi GOR Megang jika bandingkan dibeberapa daerah lain GOR Kota Lubuklinggau merupakan paling terbesar di Sumatera Sumsel bahkan sempat terbesar di Sumatera.

“Tapi kalau untuk Sumsel belum ada yang melebihi besar dan luas dari GOR Kota Lubuklinggau,” ungkapnya.

Sedangkan untuk lingkungan masih banyak potensi cabang-cabang olahraga yang sifatnya outdoor bisa bisa beraktifitas di lingkungan GOR Megang

“Jadi sudah disampaikan walikota sudah ada gagasan dan rencananya. Insyaallah akan segera di relisasikan, karena masih ada lahan di belakang GOR ini rencananya akan di menfaatkan seperti bola kaki atau lapangan bola basket outdoor dan lapangan bola voly outdoor. pokoknya cabor-cabor yang memang lebih sifatnya outdoor dalam aktivitas nanti bisa dilakukan di sarana yang sudah direncanakan oleh walikota Lubuklinggau yang akan di bangun,” jelasnya.(R75)

Exit mobile version
Lewat ke baris perkakas